Selasa, 12 Maret 2013

Posted by Heri I. Wibowo | File under : ,

                Beberapa hari belakangan ini(sebenarnya udah lebih dari seminggu :P) aku seolah kehilangan semangat belajar. Entahlah, seperti tak ada target. Apalagi jika kita sedang bareng teman dan dia juga bilang,”Beuh, ngapain belajar? Kalau belajarnya sekarang, nanti pas mau ujian malah lupa. Terus, belajar lagi deh. Benar-benar gak efektif kan sob?”

                Sepintas, itu terlihat suangat benar. Aku saat itu sangat setuju dengannya. Namun sesungguhnya benarkah demikian?

                Sebuah pertanyaan besar yang akan selalu kita tanyakan saat kemalasan melanda. Kalau aku menjawab, bisa benar juga bisa salah. Kok?

                Ingatkah kau yang sekarang sedang di jurusan Desain Produk, apa yang kau rasakan saat mengerjakan soal fisika? Atau kau yang sekarang sedang di jurusan Bahasa Jepang, sukakah kau dulu saat SMA disuruh menghitung luas di bawah suatu kurva dengan metode integral? Atau kau yang sekarang sedang di jurusan Teknik Mesin sukakah jika saat SMA disuruh menghapal bagian-bagian daun? Tentu semua orang yang sekarang sedang di jurusan tersebut dan  sesuai dengan minatnya kemungkinan besar akan menjawab TIDAK SUKA.


                Nah, untuk masalah-masalah seperti di atas maka konsep belajar sebelum ujian aku rasa masih bisa dikatakan benar. Karena mau tak mau kau harus lulus mata pelajaran itu agar tak mengulang lagi. Sebenarnya aku juga bingung dengan system sekolah kita, udah tahu siswanya gak suka belajar itu, gak lulus, disuruh mempelajari lagi. Lha, siapa coba yang tidak stress.

                Namun, jika sekarang kau yang tadi mengaku bahwa sedang di jurusan-yang-sesuai harapan-tentu berbeda hukumnya. Misal, seorang yang katanya masuk jurusan Teknik Mesin karena menuruti kata hati tapi (sialnya) ternyata Mata Kuliah Termo atau Mekanika Kekuatan Material tidak lulus. Orang-orang seperti ini harusnya berusaha lebih keras alih-alih menyerah. Kau sudah mendeklarasikan bahwa kau menyukai suatu hal. Namun saat kau agak terganjal pada bagian kecilnya masa  kau menyerah?

                Karenanya, menurutku seseorang yang sedang melakukan bagian-kecil-yang-tak-disukainya dari sesuatu yang disukainya tak boleh melontarkan pernyataan di atas. Dia tak boleh hanya belajar untuk ujian. Dia seharusnya belajar untuk menyenangkan dirinya.

                Memang, kuakui terkadang kita merasa jenuh bahkan meski terhadap hal yang kita cintai(kalo sama istri bisa bosen gak ya? #plak!). Tak ada yang salah dengan hal ini, sangat manusiawi malah. Yang salah adalah ketika tak ada usaha untuk mendapatkan rasa penasaran lagi. Membiarkannya berlarut-larut.

                Kalau aku sendiri, aku akan menjauh sebentar pada hal yang kujenuhi itu lalu melakukan hal lain yang juga aku cintai. Beladiri misalnya. Nanti, seharusnya rasa penasaran untuk mempelajari yang (katanya) kita sukai itu akan datang lagi. Aku ingat perkataan teman sebangkuku saat SMA,”Ambil yang kau sukai, dan habiskan apa yang telah kau ambil.”

                Oh ya, salah satu penambah motivasiku adalah nonton lagi film “3 Idiots”. Karena ada perasaan senasib sebagai seorang Mechanical Engineering Student. Dan ada satu lagu yag menurutku sangat bagus, di mana seharusnya belajar itu adalah suatu hal yang menyenangkan(namun pada kenyataannya kita sering disuruh belajar hal yang benar-benar memuakkan padahal Tuhan pun Tak Mewajibkannya untuk dipelajari). Belajar itu harus sesuai syari'at, minat, bakat, dan usia. Nih liriknya, tapi tetap tanpa music ya:)

We kept living
An incomplete life till now,
Let us live fully for a moment now


Give me some Sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Give me some Sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

The weight of books has
Buckled our shoulders
My father himself taught me how to bribe
If I scored 99 % marks,
I used to get a watch for prize
Else I got beating with a stick as punishment

I have got boils on my hands
By writing formulas of science
Concentrated Sulphuric acid(Chemistry)
Has burned my whole childhood


We have lost our childhood
As well as youth
Now let us live fully
For a moment

Give me some Sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Give me some Sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

0 komentar:

Posting Komentar