Jumat, 18 April 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under :
Salam Ganesha!

15 April 2014, Studium Generale (SG) mengundang Gubernur DKI Jakarta, Bapak Joko Widodo (Jokowi) diumumkan, dan SG tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2014. Mendengar berita ini, kabinet KM-ITB memutuskan bahwa KM-ITB harus bersikap. Pertanyaannya, mengapa KM-ITB perlu melakukan penyikapan?
  1. Jokowi telah mendeklarasikan dirinya sebagai calon presiden RI 2014.
  2. Pengumuman mengenai Studium Generale, tidak dilakukan seperti biasanya. Setiap pengumuman kuliah SG, selalu diumumkan siapa pengisi SG dan apa topiknya. Kali ini, SG hanya diberitahukan bahwa akan diisi oleh Gubernur DKI Jakarta, tanpa diberi tahu apa temanya.
  3. Kehadiran Jokowi di ITB adalah inisiatif dari Jokowi. ITB telah mengundang pihak Pemprov DKI Jakarta sejak November 2013, namun Pemprov DKI terus tidak menyanggupi. Tiba-tiba, atas perintah Gubernur DKI Jakarta, di bulan April ini, diadakan kunjungan ke ITB.
  4. Kunjungan yang dimaksud adalah penandatanganan MoU mengenai kerjasama ITB dan Pemprov DKI Jakarta.
  5. Penandatanganan MoU, bisa dilakukan tanpa harus mengadakan Studium Generale.

Kamis, 17 April 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , ,


                Tadi siang kampus saya ramai. Bukan, bukan karena ada walimahan atau traktiran massal. Namun lebih disebabkan oleh kedatangan seorang gubernur negeri ini yang akhirnya menjadi polemik di antara aktivis kemahasiswaan ITB.

                Entahlah, maafkan saya jika saya tidak pada kapasitas yang sesuai dalam membedah permasalahan ini.  Anggap saja ini sekedar celoteh dari seorang mahasiswa yang jengah ketika melihat tempatnya menuntut ilmu dipolitisasi, dan kemudian dimaki-maki oleh orang di luar sana. Yang mengatakan kami hanya pintar di IQ dan cethek di EQ—padahal konsep IQ, SQ, dan EQ sendiri saya juga tak terlalu paham.  Seorang mahasiswa yang sedari siang tadi mendengar komentar-komentar yang pro dan kontra dengan aksi Bang Jefrry dkk. Dan saat itu terjadi, saya hanya bisa diam. Dan kinilah saya ingin membicarakannya…

Dua Sudut Pandang

                Terdapat dua pendapat mengenai bapak yang satu ini—dan murni pandangan teman-teman saya warga kampus. Seperti biasa, agar bisa menjadi seorang yang adil kita perlu melihat dengan berdiri pada sepatu yang sama dengan kedua pihak. Yah, meski saya bingung bagaimana caranya berdiri pada sepatu yang sedang dipakai orang (abaikan).

                Yang pro mengatakan,”Apa salahnya? Beliau kan hanya ingin memberikan kuliah umum? Datang juga tidak memakai atribut partai kan?”

Rabu, 16 April 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under :







PR 3 Alber



Maaf para pembaca, lama tidak update ehehe. Sebenarnya udah ada niat mau mengomentari pesta demokrasi kemarein, tapi gak ada waktu eh. Yaudah, malah dapat PR lagi. Mending saya posting saja, siapa tahu ada yang mau mengomentari karena ini belum tentu bener juga lho.

Nih soalnya:

 

1.       Sketsa dan 2 kondisi pembebanan kritis
a.       Sketsa:


 

Minggu, 30 Maret 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under : ,



1.     Di Warteg :
Joni             : “Ada ayam, Mbak?”
Mbaknya    : “Ada, Mas... Mau pesen berapa?”
Joni             : “Usir, Mbak! Saya mau makan nih!”

2.     Di Kelas :
Bu Guru     : “Joni, mulai kapan terjadinya perang dunia?”
Joni             : “Seingat saya, bu... Mulai dari halaman 31 
                       sampai 34!” #:-s #disambit penggaris#

3.     Di kamar :  
Ibu              : “Lagi apa, Jon?”
Joni             : “Nulis surat buat Cila, Bu...”
Ibu              : “Lho kamu kan belum bisa nulis ?”
Joni             : “Gak papa, bu... Cila juga gak bisa baca kok !”
                    #:hammer:

Jumat, 21 Maret 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , , ,


                Waktu saya masih SD, SMP, dan SMA buku tulis yang saya gunukan belumlah berbentuk binder. Namun buku tulis biasa dengan merk yang sudah sangat familiar di bumi nusantara ini: S*nar D*nia. Nah, sekarang jika Anda tak keberatan silahkan ambil buku tersebut, pegang dengan erat, dan mulai bersiap akan tulisan saya hari ini.

                Hal pertama yang perlu Anda adalah membukanya, dan melihat kalimat-kalimat bijak yang ada di bawahnya. Pada salah satu halaman (halaman kedua biasanya) akan tertulis:


sumber: http://triwahyudi.com/wp-content/uploads/experience-is-the-best-teacher-183x300.jpg




Betul kan? Betul, karena tidak pernah memberikan PR katanya.


Rabu, 19 Maret 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , , , , ,




Wahai si ahli ibadah dua tanah suci Makah dan Madinah

Andai engkau melihat kami

Niscaya engaku menyadari

Bahwa ibadahmu hanya main-main tiada arti

Di pipimu butir tangis air mata membasahi

Sementara leher kami dilumuri dengan darah suci

Kudamu letih dalam kebatilan

Sabtu, 15 Maret 2014

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , , ,



Cewek lebih suka dikasih bunga yang kayak apa ya? :v
sumber: http://3.bp.blogspot.com/-1B-Ek9t9qYk/Ua2IENIx2mI/AAAAAAAAABs/zL-Xq4qfFyU/s1600/13409794791476625410.jpg




Jeruk     : Bro, kenapa sih ada riba/bunga/interest?

Apel       : Ya karena ada inflasi. Sehingga untuk menarik orang agar mau menabung ya perlu interest.  Sebab kalau kamu menyimpan uangmu sedang nilai uang terus turun gara-gara inflasi ya kamu merasa rugi dong. Mana mau kamu nyimpen duitmu. Dan mana mau pula orang(baca: bank) minjemin duit ke kamu buat beli motor itu.