Jumat, 13 Desember 2013

Posted by Heri I. Wibowo | File under : ,

                Hari ini, dengan selesainya laporan akhir maka secara resmi berakhir pula praktikum paling seru semester ini: Proses Manufaktur I. Mengapa paling seru? Karena kita diberi potongan-potongan logam untuk dibuat menjadi seperti gambar teknik di bawah ini.
 
Tracker
 
Hand tracker
 
Poros tracker
 
Body tracker



                Oh ya, pada praktikum Prosman I temanya adalah machining atau permesinan. Arti baku darinya adalah proses pembentukan suatu produk dengan pemotongan dan menggunakan mesin perkakas. Umumnya, benda kerja yang di gunakan berasal dari proses sebelumnya, seperti proses penuangan (Casting) dan proses pembentukan (Metal Forging). Proses permesinan ini berdasarkan bentuk alat potong dapat di bagi menjadi 2 tipe, yaitu :

  1. Bermata potong tunggal (single point cutting tools)
  2. Bermata potong jamak (multiple points cuttings tools)
Secara umum, gerakan  pada proses permesinan terdapat 2 tipe yaitu : gerak makan (feeding movement) dan gerak potong (cutting movements). Gerak potong adalah gerak yang menghasilkan geram sedangkan gerak makan adalah gerak untuk memperluas bidang pemotongan. Misalnya pada mesin bubut, gerak potongnya adalah gerak berputarnya benda kerja sedangkan gerak makannnya adalah gerak translasi pahat. Jika menurut yang saya tahu, cirri paling khas dari proses permesinan adalah terbentuknya geram(bagian logam yang terbuang).

Di sinilah saya baru merasakan sebuah praktikum yang benar-benar menghasilkan produk. Selain itu, menurut saya praktikum ini memberikan wawasan tentang proses manufaktur khususnya proses permesinan. Memang, kejaran utama dari praktikum ini adalah analisis dari proses permesinan itu sendiri, bukan menghasilkan produk yang sempurna.

        Ada 5 modul yang kami praktikkan, yaitu Proses Bubut, Proses Freis, Proses Sekrap, Proses Broaching dan Drilling, serta terakhir Proses Kerja Bangku(Gerinda, Gergaji, Kikir). Paling keren sih waktu make gerinda tangan, berasa laki banget hehehe. 
Proses Gurdi, waktu bikin yang lubang-lubang



Lubang2 yang terjadi
Ini nantinya bakal digerinda

Lubang2nya buat memudahkan waktu cutting
saat saya merasa keren :P


hasilnya ini nih
Bikin ulir dan reduksi diameternya pake mesin bubut


Assembly deh

Lumayan lah untuk ukuran mahasiswa yang praktikum :v












        Yaaah, semoga nilai Prosman saya baik lah, biar semangat praktikumnya tidak mubadzir hehehe. Oh ya, ini praktikumnya KELOMPOK, bukan sendirian. Yaaah, di foto2nya cuma ada saya, foto kawan2 yang lain ya males mintanya hehe.

Anggota Kelompok:
1.       Mercu Gandhi Hutomo                 13111066
2.       Angga Alfandi Ahmad                  13111067
3.       Hans Sebastian Kwadharma         13111068
4.       Heri I. Wibowo                              13111070
5.       Hendrastantyo Ruriandi                 13111072
 

0 komentar:

Posting Komentar