Rabu, 19 Juni 2013

Posted by Heri I. Wibowo | File under : ,
                Setelah setiap hari isinya cuma nendang dan mukul, hari ini aku menjalani sesuatu yang sudah 5 bulan lebih aku lupakan: Berenang. Yaaah, itung-itung memenuhi sunnah Rasul hehe. Namun yang aku bahas di sini bukan hal itu, melainkan kejadian sesudahnya ketika aku beli nasi kuning di penjual langgananku. Biasa, abis kecipak kecipuk di  air yang dingin pastinya lapar-atau, hanya aku saja?


                Nah, saat sedang makan suapan pertama aku malah nyeletuk dan terjadilah percakapan berikut:
Aku :                                                      H
Ibu Penjual Nasi Kuning:                      K

H             : Eh, itu tadi cucunya ya Bu?
K             : Iya, cucu Ibu banyak banget hehe.
H             : Ga nyangka euy Ibu udah punya cucu aja, kirain anaknya aja masih sekolah(bermaksud   
                   muji, siapa tahu dapat gratisan :v )
K             : Kalo orang lain mobilnya yang banyak, Ibu cucunya yang banyak. Kan ada tuh yang kaya 
                   tapi keluarganya sepi-sepi aja kan?
H             : Iya Bu, kata orang sih rejeki tiap orang sama ukurannya, cuma bentuknya aja yang  
                   beda(sotoy).  
H             : Oh ya, BBM naik ntar nasi kuningnya naik juga ya Bu?
K             : Enggak, Ibu mah naiknya kalo udah itungan tahun kok dek.
H             : Alhamdulillah, bagus deh hehehe :P
K             : Iya dek, pas gini itu bikin pusing.
H             : Iya ya Bu, kalo pejabat atau pegawai tiap tahun gajinya naik. BBM naik dia santai-santai 
                   aja to?
K             : Tapi kalo wiraswasta macam Ibu gini kan enggak digaji, BBM naik ya penghasilan tetap 
                   enggak naik. (sambil tersenyum masam dalam hati aku berpikir,”Bapak saya juga            
                  seorang  wiraswasta, dan ironi ini sudah sering aku rasakan.”) Yaaaah, tapi selama masih 
       bisa diakalin nasi kuning Ibu belum akan naik kok. Sayur sama nasinya bisalah 
    dikurangi porsinya atau gimana. Kasian yang anak-anak rantau itu kan tidak semuanya 
   anak orang kaya  dek.
H             : Dan tidak semua mahasiswa itu dewasa Bu(gumamku).
K             : Eh, naon dek?
H             : Oh tidak Bu, lagi ngomentarin yang  kemaren demo anarkis ntu.
K             : Iya ya, katanya mahasiswa tapi kok gitu. Kalo ngerusak-ngerusak gitu kan belanja Negara
      nambah buat perbaikan-perbaikan.
H             : Dan duitnya, duit rakyat juga ya Bu.
K             : Iya. Boleh sih demo, tapi jangan anrkis, jangan bikin macet, jangan nyusahin rakyat. 
                 Mereka itu belajar yang bener biar nanti kalo jadi pejabat juga bener. Bukannya malah 
                ngerusak-ngerusak gitu. Udah gitu emang didengerin demonya? Udah capek-capek demo 
                malah dicuekin.
H             : Hahahaha, bener juga ya Bu. Untung Bapak saya gak suka saya ikut demo. Dan saya juga 
             males ikut gituan. (Dalam hati aku bilang,”Gak keren amat mati digebukin pasukan anti-huru harapas demo. Mending kalo pas jihad, keren hahaha).Tapi ntar dapet apa tuh Bu, BALSEM apa BLM apa gitu ya Bu?
K             : Bukan balsem dek, BLSM.
H             : Eh iya, :P berapa sih itu?
K             : 150 ribu, dapat apa coba itu sebulan hanya segitu. Dan lagi ini pemrintah mengajari buat 
                 jadi mental pengemis kan dek?
H             : Harusnya kerjaan ya Bu? Benar juga hmm.
K             : Iya, yang lebih awet gitu. Lagian 150 ribu itu mana cukup. Anak-anak sekolah saja tiap  
    hari paling enggak Ibu keluar 15 ribu. Buat anak-anak saja berarti cuma bisa 10 hari kan? Masak  anak-anak sekolah gak dipegangin uang. Kalo ada apa-apa kan paling enggak pegang uang. Apalagi sekarang polisi itu kalau razia empat ribu perak aja diambil dek.
H             : (tetap diam dan seksama menyimak).
K             : Yaaah, semoga saja anak saya pinter kayak adek.
H             : Aamiin(merasa ikut didoakan juga hehehe)
K             : Kalo jadi orang pinter kan naik di mana-mana dihargain.
H             : Iya bu, kecuali di Negara kita hahahaha.
K             : Iya ya, di sini orang-orang pinter malah dibuang. Dulu Bapak kerja di IPTN sebelum di PHK, ngrekrut orang-orang luar daripada lulusan dalam negeri. Katanya orang luar itu cuma menang gaya sama mahal, tapi blo’on-blo’on semua. Pinteran anak bangsa yang akhirnya malah dibuang ke perusahaan luar negeri. Bapak sampai bingung ngajarinnya.
H             : Ya soalnya kalau yang pinter di sini, ntar gak bisa di bo’ongin dong Bu :P

Baik, itulah sepenggal percakapanku dengan penjual nasi kuning. Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan pelajaran.
1.       Jangan harap hanya dengan pujian kecil kau akan dapat sarapan gratis hahaha.
2.       Rakyat merasa “iri” dengan para pejabatnya, para wakilnya, melihat mereka mendapat subsidi yang sangat besar dari Negara sedangkan rakyat disuruh mandiri tanpa subsidi.
3.       Demo itu kadang malah bikin rakyat ill feel jika hanya menambah masalah. Dan aku tambahkan sendiri, daripada para mahasiswa BACOT DOANG di kajian-kajian mereka yang eksklusif itu, mendingan mereka membaur saja dengan masyarakat. Jangan sok-sok turun ke masyarakat lalu wawancara, goblok itu namanya. Biar hasilnya akurat ya jangan keliatan nyari data, tapi nyari teman. Udah pernah ambil “Sosiologi Industri” gak sih? :P
Tapi mungkin aku tidak adil, karena banyak mahasiswa yang dari kalangan jetset bahkan merasa mual untuk sekedar nongkrong di warung angkringan. Yaaah, terserah lah.
4.       Orang-orang pintar akan dihargai di mana-mana, kecuali di sini.



0 komentar:

Posting Komentar