Jumat, 13 Juli 2012

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , ,

                Setiap hal di dunia ini-bahkan alam semesta-pasti memiliki permulaan, sebuah proses untuk mencapai stage berikutnya. Tentu,  kecuali Yang Menciptakannya yaitu  Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Misal untuk ke akhirat, ada fase kehidupan dunia yang harus kita lalui dan gerbangnya adalah kiamat. Ingin ke SMA, kita harus lewati dulu fase SMP dan gerbangnya adalah tes masuk(Jamanku sih tes, gatau kenapA sekarang pakai NEM hehe).

                Hal-hal itu semua biasanya disebut sebagai kaderisasi. Untuk melatih dan menguji kita agar layak untuk masuk ke stage selanjutnya. Dalam kasus yang sekarang kami alami, yakni untuk bisa bergabung sebagai kader Himpunan Mahasiswa Mesin(HMM) ITB proses kaderisasinya diberi nama “Machining”.


                    Dan proses ini resmi dibuka oleh Sir Jokwis(Ketua Panitia) pada tanggal 23 Juni 2012 yang lalu. Selama proses ini, walaupun belum bisa disebut osjur namun telah banyak yang kami dapatkan.  Tentang kekompakan, kekeluargaan, semangat, daya juang, berpikir jernih dibawah tekanan, kebanggaan sebagai anak Mesin, dan lain-lain. Saya tidak ingin terlalu membahas interaksi-interaksi yang awal karena semua itu ada di resume yang saya tuliskan pada buku “Machining” saya(padahal males ngetik aja haha).

                Baik, yang lebih ingin saya tulis sekarang adalah mengenai apa yang kami dapat pada interaksi ke-8 dan ke-9(keduanya pada tanggal 13 Juli 2012). Setelah pada hari-hari sebelumnya interaksi malam(ke-6), lalu paginya interaksi lagi yaitu untuk bermain games yang memacu kerjasama dan kekompakan(ke-7), pada hari itu kami kumpul jam 9 di Saraga. Ternyata, agenda kami hari itu adalah olahraga bareng, yaitu lari. Bukan lari biasa, namun lari bersama Teknik Mesin ITB 2011 dipandu oleh Sir dan Lady Teknik Mesin ITB 2010. Ada feel berbeda saat lari bersama, apalagi dengan lagu lari yang dikumandangkan bersahut-sahutan. Serasa bumi Ganesha bergetar oleh semangat kami yang terbakar:

Pandang lurus ke depan (Komando)
Pandang lurus ke depan
Tak tengok kiri kanan (komando)
Tak tengok kiri kanan
Langkahnya disamakan (komando)
Langkahnya disamakan
Dadanya dibusungkan (komando)
Dadanya dibusungkan
Ola ole ola eo!(komando)
Ola ole ola eo!
Ola ole ola eo!(komando)
Ola ole ola eo!
Satu! (komando)
Satu!
Dua!  (komando)
Dua!
Tiga! (komando)
Tiga MESIN!

                Setelah lari, ada satu pesan dari Chief(Danlap) kami saat itu yang begitu menggugah perasaanku. “HMM tidak butuh atlet atau orang yang hanya kuat fisiknya saja. Namun lebih dari itu, kami butuh mereka yang mempunyai semangat dan motivasi yang kuat. Kesehatan ini adalah anugerah, saya tidak ingin ada di antara kalian 2011 yang menggunakan alasan kesehatan yang tidak semestinya untuk tidak mengikuti acara kami. Jika sakit kalian tidak parah, kami punya pos medic. Saya wanita, yang secara fisik pasti jauh di bawah lelaki. Namun saya tetap berdiri di depan sini, karena saya punya motivasi yang kuat. Karena saya ingin memberi yang terbaik pada kalian. Jadi, sekali lagi. Bakar semangat dan motivasi kalian dalam menjalani rangkaian acara “Machining” ini!” Begitulah kurang lebih perkataan Lady Safira. Kuyakinkan kawan, perkataan ini bukan hanya omongan di mulut. Aku sudah membuktikan, bahwa panitia tetap semangat dalam membimbing kami meski terkadang kami yang mengendur semangatnya. Panitia pasti lebih lelah, namun mereka selalu hadir dengan performa terbaiknya. Dan Lady Safira adalah salah satu buktinya, dia tetap hadir pada interaksi ke-9 sampai acara selesai, jam 12 malam.  

                Kemudian, sekitar jam 11 kami pulang untuk sholat jum’at dan persiapan musyawarah angkatan untuk membicarakan tentang identitas angkatan yang akan kami presentasikan pada malam harinya pada pukul 8. Sorenya, setelah diskusi yang seru didapat 4 nilai dasar yang kami terima sebagai perwujudan angkatan kami, yaitu STRONG(in mind and heart), ABADI, RESPECT, dan TOTAL. Dari situlah dirumuskan tentang jargon, yel-yel, lagu, dan lambang angkatan.  

                Pada awalnya kami berusaha menawar waktu presentasi karena kami pikir terlalu mepet waktunya. Namun seorang Sir menyadarkan kami dengan kata-katanya,”Kalian ini anak MESIN, jangan mudah menyerah lah. Jangan menyerah pada keadaan, kami tidak suka jika ada seseorang yang menyalahkan keadaan ketika dia belum berusaha maksimal. Kalau bekerja semuanya, kepala yang banyak ini pasti bisa. Kalian butuh masukan dan kritik tidak dari kami!?” Demikianlah, setelah dirundingkan seangkatan kami pun yakin untuk menyanggupinya.

                Saat interaksi untuk mempresentasikan pun tiba. Dan aku ditunjuk oleh Fei sebaga moderator. Okelah, tak masalah. Pada awalnya pesentasi berjalan “lancar”,maksudnya aku cukup bisa menengahi forum yang seru tersebut. Namun, semakin malam tepatnya jam sebelas otakku mulai melayang-meminjam kata-kata seorang kawan. Mulai deh aku tidak focus dalam memimpin forum, dan kebodohanku membuatku diminta turun oleh para Sir dan digantikan oleh Fuad. Yaaah, pengalaman pertama jadi moderator  tidak terlalu buruk lah.

                Kesimpulan dari presentasi tadi malam adalah, lagu angkatan kami diterima oleh para Sir dan Lady. Wah, lega rasanya. Dan tahukah kawan, lagu itu kami nyanyikan bersama malam itu juga, jam 23.58, penuh semangat dan diakhiri dengan tepuk tangan para Sir dan Lady. Terimakasih Sir, terimakasih Lady…

                Dan inilah lagu angkatan kami yang secara resmi bisa kami nyanyikan bersama keluarga Teknik Mesin TB 2012 :’)

kami keluarga Teknik Mesin
ITB 2011
kami kuat dan selalu bersemangat
tak henti untuk maju
tak kenal lelah, pantang menyerah
takkan terpecah, takkan terbelah
peduli sesamanya
MESIN 2011! Jaya!!!

                Lagu ini telah memenuhi syarat yang diajukan panitia, diantaranya mengandung identitas kami, tidak terlalu panjang, dibuat bersama-sama, dan bisa dipakai untuk mengiringi langkah kami saat berlari bareng.

                Terakhir, kami ingat selalu kata-kata Chief, sebagian besar Chief,”2011! Jalan kalian masih panjang! Jaga semangat kalian!”   

Heri Indriana Wibowo
13111070

0 komentar:

Posting Komentar