Rabu, 15 Agustus 2012

Posted by Heri I. Wibowo | File under :

               Lama nian tak menyinggung tentang proses kaderisasiku, kaderisasi kami. Nah, sekarang aku akan sedikit bercerita tentangnya, setelah interaksi berjalan sebanyak 13 kali (jika presentasi dan asistensi dihitung, 20 pertemuan udah lebih mungkin hehe).

                Kali ini akan kubagikan dengan bangga apa yang telah kami buat, dapat, dan disetujui panitia. Sesuatu yang kami perjuangkan dengan semangat karena menyangkut angkatan kami. Menyangkut diri serta harga diri kami- sebuah manifestasi dan esensi angkatan kami-Teknik Mesin ITB 2011.


                Sesuatu tersebut adalah identitas angkatan: jargon, yel-yel, lagu, dan lambang angkatan. Sekarang aku akan sedikit menjabarkan tentangnya.

                Oh ya, sebelum masuk pada empat hal itu kami diberi bimbingan oleh para Sir dan Lady bahwa kami harus mempunyai deskripsi angkatan ini. Bukan pandangan apalagi sekedar khayalan. Dan setelah beberapa kali musyawarah yang tak jarang sampai dini hari disetujui bahwa angkatan kami dideskripsikan dengan:

1.       Strong: Maksud strong di sini bukan hanya strong fisik-meski itu juga dibutuhkan-namun juga strong mind dan strong heart. Strong mind contohnya adalah kami masih mampu berpikir jernih walau di bawah tekanan , strong heart adalah semangat kami misanya yang tak pernah kendur. Memang, jika hanya secara personal susah untuk strong mind and heart. Tetapi,dalam satu angkatan hal itu relative lebih mudah. Jika satu sedang turun, yang lain akan memompa semangatnya!

 

2.       Respect: saling menghargai adalah deskipsi angkatan kami. Meski kami memiliki perbedaan, hal itu justru membuat kami lebih berwarna. Dari berbagai macam ras, agama, sifat, dan lain-lain.

 

3.       Unity: Yup, kami adalah angkatan yang bersatu. Dengan saling “respect”, angkatan kami “takkan terpecah, takkan terbelah”. Yaaaah, meski perbedaan pendapat ada tidak menghalangi kami untuk selalu tampil sebagai satu kesatuan yang utuh, dan selalu ingin utuh.

 

4.       All-out: deskripsi terakhir ini menunjukkan bahwa Teknik Mesin 2011 tak pernah setengah-setengah. Analogi kawan kami,”seseorang yang punya lima dan memberikan kelima-limanya lebih baik daripada seseorang yang memiliki sepuluh namun hanya memberikan lima!”


Setelah mendapat empat hal tersebut, dirumuskan jargon angkatan kami. Merumuskannya pun tak sekedar membuat, namun harus memenuhi syarat-syarat yang diberikan panitia. Setelah lebih dari 4 kali presentasi dengan revisi dan usaha yang tidak sedikit didapat jargon keren angkatan ini:

WITH RESPECT AND UNITY, WE ARE STRONGER

Jargon tersebut telah menggambarkan dengan jelas seluruh deskripsi angkatan. Secara tersurat ada kata “respect”, “unity”, juga “strong”. Sedang secara tersirat adalah semua itu bisa dilakukan hanya jika  dan juga akan menghasilkan yang kita sebut “all-out”.

Kemudian, kita masuk ke yel angkatan. Begini bunyinya:
Teknik Mesin ITB 2011 (Komando)
Hargai perbedaan!
Junjung tinggi persatuan!
Berjuang tanpa batas!
Mesin! Mesin! Mesin!
Mesin 2011 (Komando)
Kuat!
Mesin 2011 (Komando)
Hebat!
Mesin 2011 (Komando)
Jaya! Jaya! Jaya!  


Sedang lagu angkatan ada di post sebelumnya. Nah, mending sekarang kita masuk ke bagian keempat yaitu lambang angkatan. Sebenarnya ada beberapa lambang yang kami ajukan namun yang memenuhi syarat baik itu dari segi teknis maupun segi esensi adalah lambang yang kami dan panita terima sekarang. Lambang tersebut berupa sebuah Motor induksi 3 fasa. Tapi, biar seru dan bikin penasaran saya tidak akan menampilkan gambarnya. Tunggu saja tanggal rilisnya saat lambang itu terpampang di baju angkatan kami ;)



0 komentar:

Posting Komentar