Rabu, 31 Oktober 2012

Posted by Heri I. Wibowo | File under : ,
Ar-Rusul(bentuk jamak dari Rasul) arti harfiahnya adalah “yang diutus”. Sedangkan menurut ijma’ ulama definisi lengkap dari Rasul adalah “manusia laki-laki yang diberi wahyu oleh Allah. Dan wahyunya berupa syari’at sedangkan wahyu itu wajib dida’wahkan”. Sehingga di sini kita melihat perbedaan antara nabi dan rasul. Yaitu, seorang nabi tidak memiliki kewajiban untuk menda’wahkan wahyu yang telah dia dapat.


Kemudian, makna iman kepada rasul adalah “meyakini, membenarkan baik secara mujmal maupun tafshil bahwa Allah memiliki rasul-rasul yang Dia Utus untuk menda’wahkan makhluk apa-apa yang bermanfaat bagi mereka baik dalam perkara dunia maupun akhirat.” Makna secara mujmal adalah mengimani secara global, seperti sekedar tahu bahwa Allah memiliki rasul dan tugas mereka. Secara global. Hal ini diperbolehkan untuk orang-orang awam.

Namun, orang-orang penuntut ilmu harusnya lebih dari itu. Yaitu secara tafshil atau terperinci. Maksudnya, tahu nama-nama para rasul satu persatu dan bagaimana kisah serta ibrah yang bisa diambil.

Kemudian, sedikit ulasan. Terkadang kita bingung. Jaman SD dulu kita diberi tahu tentang 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui. Siapa yang nabi dan siapa yang nabi sekaligus rasul? Ternyata memang benar nabi pertama adalah Adam alaihissalam namun rasul yang pertama adalah Nuh alaihissalam. Dalilnya adalah:

إِنَّا أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ كَمَا أَوْحَيْنَا إِلَىٰ نُوحٍ وَالنَّبِيِّينَ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَأَوْحَيْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَعِيسَىٰ وَأَيُّوبَ وَيُونُسَ وَهَارُونَ وَسُلَيْمَانَ ۚ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

“Sesungguhnya Kami telah memberikan wahyu kepadamu sebagaimana Kami telah memberikan wahyu kepada Nuh dan nabi-nabi yang kemudiannya, dan Kami telah memberikan wahyu (pula) kepada Ibrahim, Isma´il, Ishak, Ya´qub dan anak cucunya, Isa, Ayyub, Yunus, Harun dan Sulaiman. Dan Kami berikan Zabur kepada Daud.”  (QS. An-Nisa’ : 163)

                Dari sini kita tahu, ternyata rasul pertama adalah Nuh alaihissalam sehingga jumlah rasul yang wajib kita ketahui adalah 23. Sedangkan dalam tafsir Ibnu Katsir(kalau tidak salah) jumlah rasul adalah 313 dan jumlah nabi ada 124.000 orang.

                Tentang nabi dan rasul terakhir, kita umat islam yang lurus tidak pernah ragu beliau adalah Muhammad bin ‘Abdullah shalallahu ‘alaihi wassalam. Dalilnya bagi yang masih ragu:

مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

“Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”(QS Al-Ahzab: 40)

                Kemudian, dari sebanyak itu rasul ada 5 orang rasul yang disebut ‘ulul azmi(mereka yang memiliki keteguhan luar biasa). 5 manusia  strong-meminjam istilah angkatan kami-tersebut adalah Nuh alaihissalam, Ibrahim alaihissalam, Musa alaihissalam, ‘Isa alaihissalam, dan Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam. Dalilnya adalah:

شَرَعَ لَكُمْ مِنَ الدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِ نُوحًا وَالَّذِي أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰ ۖ أَنْ أَقِيمُوا الدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا فِيهِ ۚ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ ۚ اللَّهُ يَجْتَبِي إِلَيْهِ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي إِلَيْهِ مَنْ يُنِيبُ

“Dia telah mensyari´atkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).”(QS. Ash-Shura: 13)

                Dari ayat di atas pula kita tahu bahwa agama para nabi dan rasul sejak dulu adalah islam dengan inti ajaran yaitu tauhid. Bagian ini akan saya bahas di lain waktu.

                Kesimpulannya, dari bermiliar-miliar manusia sejak awal adanya manusia terdapat 124.000 orang yang menjadi nabi. Dan dari sebegitu banyak nabi, 313 orang terpilih menjadi rasul. Dari 313 rasul tersebut, 23 orangnya wajib kita ketahui. Dari 23 rusul tersebut, terdapat 5 orang rusul yang istimewa keteguhannya. Dan akhirnya, tersisa satu makhluk yang paling baik, yaitu Baginda Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar