Jumat, 17 Juli 2015

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , , ,


Tadinya saya ingin berbagi cerita tentang saya yang masih mengetik TA padahal malam takbiran dan kisah lebaran saya di tanah rantau. Bagaimana kadang keisengan itu harus dibayar dengan kesepian #ceileeeeh. Yah, sepertinya cerita tentang ini harus menunggu beberapa waktu lagi. Sekarang, saya akan bercerita tentang debat saya.

Ya, bukannya makan-makan sampai puas (tadi udah makan-makan sih, tapi belum puas haha), saya justru meladeni debat orang di line tentang Idul Fitri di Tolitoli. Debat pun melebar hingga ke urusan toleransi. Kasusnya diawali dengan saya yang membagikan maklumat ini:





Nah, ini awal komen lawan debat saya:



Dan ini seluruh transkrip debatnya:
H= Heri
A= dia

A    : Wkwkwkwkwkw yang kayak gini diumbar umbar. giliran agama situ yang bakar dan hancurin gereja gimana tuh? yang sampe bikin rusuh ke gereja. kalian bangun masjid dimana mana. berisik kalo adzan toa nya bareng bareng. Ini kita pun masih pemberitahuan doang. kalian tanpa pemberitahuan langsung asal hancurin aja. mikir please...

A    : mikir please siapa yang ga toleransi sekarang. Banyak gereja yang kasih spanduk kok kalo lagi lebaran, buat ngucapin selamat hari lebaran. kalian masjid masjid pernah ngga ngasih spanduk ucapan natal? hahh.. plis lah kita kurang toleransi apa. Padahal agama kalian ngajarin buat ngehormatin agama lain. Tapi kalian kayak gitu.


H:   Wah, gereja mana ya? Kok sebel sih diumbar2, wong kenyataannya gitu kok. Kalau situ mau umbar2, ya umbar2 aja ketika gereja situ dibakar atau apa. Nanti kita usut, siapa yang memulai. Nanti kan jadi tahu, gara2 situ yang mulai, umat kami yang dzalim, atau ada provokator. Sesimpel itu kan? Ini diumbar ya biar tahu apa latar belakangnya. Kalau situ punya info bahwa umat islam di sana yang mulai duluan, yang bikin masalah dulu, dan terbukti benar, ya berarti kita tahu siapa yang memulai,

Kami bikin masjid di mana2? Ya karena umat kami banyak mas. Liat deh tiap sholat jumat, sampai tumpeh2. Makanya kami bikin di mana2. Umat kami juga ada ritual sehari 5 kali. Nah, kalian setahu saya paling seminggu sekali. Itu pun generasi mudanya sudah ogah2an dateng kan? Karena hari minggu mending CFD-an. Tahu kan artinya adil? Sesuai kebutuhan. Kalau situ mau bangun gereja yang banyak silahkan, asal mau tanggung resiko kosong aja. Wong yang ada aja udah lowong2 kok. Itu pengamatan saya saja lho :)

A    : sudah lah bukti udah banyak kali. di Koran dimana pun. Bisa make Internet kan? Iya kalian kan solat Lima hari sekali untung nya apa? udah menjamin masuk surga ngga? Muhammad aja ragu masuk surga atau ngga. Katanya agama yang ngga ada keraguan gimana sih? tapi Saya liat banyak tuh debat di antara kalian tentang agama. Hahahahaha. plis lah kalian ini agama atau budaya? Saya heran dengan tingkah laku kalian.

H    : adzan shubuh berisik? Ya gimana lagi mas, itu panggilan buat kami. Kan udah dibilang kami ini umat yang suka bangun pagi. Jadi ya suka2 aja dibangunin. Kalau ga suka, masa iya yang sekampung muslim harus pindah terus situ yang tinggal di situ? Kan lucu. Ya kalo terganggu sebaiknya mas pindah, jauh2 dr mesjid gih. Deketin gereja aja, simpel. Toh gereja juga pake lonceng, kalo mau loncengnya dipukul 5 kali sehari jg oke. Kalo perlu jam 3 pagi, biar bangunin kami tahajud jg. Enak kan?

Masalah spanduk. Lah, kami gak minta ucapan lho. Mereka yang ngasih. Nih ya mas, yang saya pahami bahwa toleransi itu agama artinya tidak mengganggu ibadah umat lain. Apa dengan kami tidak mengucapkan selamat natal, ibadah kalian jadi berkurang pahalanya? Masalahnya nih mas, di agama kami ga boleh ucapin ke umat lain. Ga cuma agama mas saja. Dan kalo dilakukan mengurangi pahala kami. Jadi simpelny, itu gereja stop kasih ucapan selamat. Bikin spanduk saya tahu mahal kok mas :)

A    : hahahahahaha yakin mas oke? paling nanti ditentang. Saya sih heran aja ya. kok bisa ada agama yang seegois itu. Hahahaha

A    : Oh jadi pahala ya? kalo boleh tau ukuran nya apa tuh pahala? meter, centimeter? Sampe ukuran berapa Saya bisa masuk surga? dari situ aja sudah ada keraguan. Wkwkwkwkwkw

H    : nah biar adil kan saya udah share bukti nih. Bisa kan bantu saya dengan carikan buktinya? Saya kasih bukti, situ kasih bukti, gampang.

Lho lho, bawa2 keyakinan nih? Oke, untungnya apa? Untungnya adalah kami merasa sudah melakukan hal yang baik, dan itu menenangkan. Itu minimal. Toh kami sholat juga ga bikin orang kristen masuk neraka kan?

Nabi Muhammad ragu? Mana ya buktinya?

Debat di agama kami? Ya memang idealnya sih tidak ada debat, tapi gimana lagi, manusia kan tempatnya salah. Yang disalahin manusianya dong, bukan orangnya :)

Agama atau budanya? Ya buat kami ini agama, maka kami memeluknya. Saya ga mau berpanjang debatin agama siapa yang benar, karena tadi kan konteksnya toleransi.

A    : Muhammad punya Kuasa apa sih? liat Tuhan Saya Tuhan Yesus dia punya banyak Kuasa? Untuk itu lah Saya memegang dia sebagai Tuhan dan juruslamat Saya.

A    : Wkwkwkwkw mas. gini kalo agama mas bisa menjamin Saya masuk surga dan jelas jalan nya bagaimana Saya akan masuk agama mas. Mau Saya tantang ga?

H    : Saya tak mau memperdebatkan agama, karena nanti jatuhnya saya bisa secara tak sengaja mengejek agama mas. Dan itu nggak baik. Ukuran pahala? Silahkan mas bertanya ukuran dosa sekalian :)

A    : Saya bingung, sudah jelas kok semua bukti nya tapi anda masih saja melakukan yang namanya pembenaran.

A    : Yaudah jawab aja dulu. Mas melakukan pahala buat apa?

A    : Saya bingung ketika manusia diminta untuk melakukan pahala. Yang hanya bertujuan untuk mendapat imbalan pahala. Bukan karena kasih sesama manusia.

A    : bukan karena kasih karena sama sama ciptaan Tuhan.

H    : Saya ga bisa menjamin mas masuk surga kalau masuk agama saya, karena saya pun bahkan tak bisa menjamin diri saya masuk surga. Silahkan mas anggap ini "kelemahan" agama saya, gakpapa. Tapi justru di situ saya melihat logisnya. Yakin ini mau banding2kan agama?

A    : hahahahahaha. disitulah. disitulah letak keraguan terbesar. Padahal kalian bilang bahwa alquran tidak ada keraguan di dalam nya. silahkan direnungkan. Saya beritahu bahwa Tidak ada orang yang bisa selamat Jika tidak melalui Tuhan Yesus. Saya mengingatkan. Sebaik apapun kalian, kalau tidak melalui Tuhan Yesus kalian tidak akan selamat. Sekian. Terimakasih.

H    : Lho, itu tadi kan saya bilang minimalnya mas. Dan ibadah kami tidak cuma urusan ritual. Silahkan mas liat apa itu zakat, sedekah, yg paling kelihatan efeknya. Karena mainnya di harta.

Efek sholat, bagi seorang muslim lebih dari itu. Karena dia sholat, makanya dia SEHARUSNYA merasa diingatkan 5 kali sehari. Dia apel pada Tuhannya 5 kali sehari. Jadi, dia akan merasa terawasi dan tidak melakukan sesuatu yang mengganggu sosial. Kalau pada kenyataannya tidak begitu, ya salah orangnya, bukan agamanya.

H    : Iya mas, nggak papa, itu keyakinan mas makanya ambil agama mas kan? Bagus itu. Ya buktinya kita lihat saja nanti, siapa yang sebenarnya selamat :)

Sekarang mau njamin saya kayak apa, juga malah aneh. Wong masnya belum ketemu orang kristen yang udah masuk surga kan? Hehehe

A    : mas
Seandainya mas masuk surga sekarang
dan Tuhan bertanya
kenapa Aku mengizinkan km masuk ke dalam kerajaan ku?

A    : mas bakal jawab apa?

H    : Lho katanya sekian? hehehe.

Well, kalau mas mau jawab gimana? Kali aja jawabannya sama

A    : wkwkwkwkwkwkwk. Saya jawab, Karena kasih Allah yang begitu besar buat Saya umatnya , sehingga Allah mengaruniakan anak Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada Nya selamat dan memperoleh hidup yang kekal.

sekarang giliran mas. Kira kira jawab apa?

A    : Jika Tuhan Yesus dipihak Saya, percayalah mas, bahwa Tidak akan ada yang bisa melawan. Saya bisa pegang itu.

H    : Wow great, nice answer. Penganut kristen yang baik mas ini. Good job.

Saya, ini masih rancangan ya, karena saya belum pasti besok masuk surga apa nggak nih ya,"Karena Kau Tuhan, dan telah menjadi hak-Mu untuk memasukkan siapa yang Kau Kehendaki. Karena aku percaya pada kasih sayang dan keadilan-Mu."

Apalah hak seorang hamba mas? Kita sudah tercipta saja sudah merupakan bukti kasih-Nya :)

H    : Iya mas, saya nggak percaya sama mas :)

A    : mas

berarti belum yakin

A    : kesalahan apa yg paling gak bisa di ampuni bagi agama mas?

H    : Tentang masuk surga? Iyalaaaaah, apalah hak saya menjamin saya masuk ke tempat yang bukan punya saya? Mau masuk kamar kosan sendiri saja gak yakin, misal gara2 kunci kosan jatuh di kolam mesin. Nah, Tuhan saya cuma memberi tahu hidup yang bener. Kalau makhluk-Nya hidup bener, Dia Ridho. Kalau sudah ridho, saya bisa Dia Masukin ke surga-Nya. As simple as it.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (an-Nisaa: 48)

Kalau di agama mas apa?

H    : Powerfull kan Tuhan saya, semua berdasar kehendakn-Nya. Makhluk-Nya mah cuma bisa berusaha yang terbaik aja :)

A    : baca sahih bukhari vol.5 book 59 no 715

H    : I heard the Prophet and listened to him before his death while he was Lying supported on his back, and he was saying, "O Allah! Forgive me, and bestow Your Mercy on me, and let me meet the (highest) companions (of the Hereafter)."

Itu? Lalu?

A    : Tuhan memang hebat. Cuman agama mas aja yang membatasi Tuhan. that's it.

A    : itu lah hebat nya Tuhan Saya
tidak ada dosa yg tidak di ampuni
karena keluar biasaan nya

A    : Wkwkwkwkw itu tanda kurung apa? kok ditambah tambahin yaa. Kenapa harus pake bahasa inggris?


Saya gak punya kitabnya, jadi saya search, dapet dr situ. Salahkan saya nggak punya kitabnya, mas hebat malah punya euy.

Nah, jadi gimana?

A    : agama anda membuat seolah olah Tuhan bisa sangat jahat. Padahal sesungguhnya Tuhan sangat baik pada Kita. agama mas hanya berpegang bahwa cukup pasrah pada yang tidak kelihatan itu saja dalam menjalani agama mas. Sekarang apa beda nya sama atheist?

A    : atheist tuh banyak yang baik lho mas Hahahahaha. Dan mereka juga pasrah dan gapeduli man masuk surga atau neraka hahaha.

A    : kenapa siaran di TV TV tentang agama mas selalu ingin mencari tahu tentang keberadaan Jin atau hantu? kenapa tidak pernah menayangkan mengenai mujizat atau kesembuhan karena Tuhan?

H    : Bedanya sama atheist? Mereka ga mengakui ada Tuhan. Kami, mengakui. Kami berusaha ikuti aturan yang dibuat-Nya, atheist nggak. Sesimpel itu.

A    : ya tapi kan ada prinsip yang sama mas. Yaitu berserah dan gapeduli. Tuhan ngga pernah mengajarkan kita untuk berserah, tapi untuk berharap dan berusaha.

A    : Untuk meluluhkan hati Tuhan.

H    : Hahaha, kalau tentang jin atau hantu, bah, itu juga oknum mas kalau yang dimasukin botol dan digambar2. Sama kayak di film "exorcist" atau "supernatural". Yah, agama mas ga ngurusin itu doang kan? hahaha.

Menayangkan kesembuhan karena Tuhan? Lah, ngapain, mas tiap pilek terus sembuh itu kan juga gara2 Tuhan kasih sembuh to?

A    : Woh yakin mas? ga cuman pilek lho. Banyak hal yang mustahil buat kita terjadi tapi Tuhan bekerja sekejap saja dan sembuh.

Komentator lain1: didoain aja her

H    : han saya pun menyuruh kami berharap dan berusaha. Kalau kami ga berharap, ngapain kami ikutin keinginan-Nya. Kalau kami ga berusaha, ngapain kami rela nahan lapar dan haus sebulan? Justru karena ketidakpastian hasil itulah yang membuat kami selalu berharap dan berusaha. Pasrah itu pada hasil mas, bukan pada prosesnya. Hasil usaha kami belum tahu, justru kalo udah dijamin ya saya leha2. Saya ga akan berharap dan berusaha lagi dong? Get it?

Tentang kesembuhan mendadak ya? Hmm, saya ada e-book bagus yang akan membahas semua tema debat sekarang dan mungkin berikutnya. Cuma 2,7 MB. Dibahas udah tentang "perbandingan" mukjizat, kenapa Muhammad meminta ampunan, dan kenapa banyak ayat2 yang aneh di bibel :)


Here you are :)

H    : Haha, iya nan. Tapi mungkin suara2 minoritas ini harus didengar. Mereka haus akan pengetahuan islam dan bahkan agama mereka sendiri. Itu e-book bagus lho, yang nulis cukup ilmiah. Banyak pake ayat2 bibel juga. Donlod gih, siapa tahu ada temenmu yang kristen dan tanya2 hal kayak di atas juga hehe. (Membalas komentator lain1)

A    : hahahahahaha kau sendiri aja ngga bisa meyakinkan aku.

A    : Semoga Karunia Tuhan Yesus menyertai kamu hai semua umat Islam. sungguh aku tidak takut pada kalian semua. Satu juta umat mu mengepung ku pun aku tidak takut. Aku berpegang pada Tuhan Yesus Kristus yang mempunyai Kuasa melebihi Muhammad dan nabi nabi kalian. Tuhan yang telah menyelamatkan aku dari maut. Tuhan yang sangat sayang pada aku. Lawan lah Saya, dalam nama Tuhan Yesus Kristus Maka kalian semua akan jatuh. Amin.

Komentator lain1: siap. Alhamdulillah temen2 dan keluargaku yg non muslim sangaaat baik dan sangat respect, barusan sodara2 kristenku main ke rumah pas lebaran gini kaya kalo aku main ke rumah mereka pas natal. intinya ya lakum diinukum wa liya diin sih, kan enak

H    : Tugas saya sekarang ini minimal menjawab pertanyaan2 anda, sudah kan? Bahkan saya kasih sumber tuh, bukan Al Quran, bukan kitab hadits. Murni tulisan manusia. Dr e-book itulah counter2 saya dari tadi hehe. Kemudian, tugas saya adalah mewartakan tentang agama saya. Urusan situ yakin apa nggak, ya urusan mas itu. Mas udah gede, udah bisa nimbang2, mana yang baik mana yang buruk. Semua kembali ke mas. Sesimpel itu. Di donlod ya e-booknyaaaaa :)

H    : Saya juga nggak takut kok sama mas. Sama dosbing aja saya gak takut, apalagi sama mas ehehehe.

Sip2, terimakasih atas waktunya untuk mengomentari postingan saya :)

'Katakanlah (wahai Muhammad): Tiap-tiap seorang (di antara kita) sedang menunggu; maka tunggulah kamu! Kemudian kamu akan mengetahui kelak siapakah orang-orang yang berada atas jalan yang lurus dan juga siapa yang mendapat petunjuk.'" (Tahaa: 135)

Komentator lain1: amin.

Komentator lain2: eh ko udahan, seru loh her hehe

Komentator lain3: idem, lagi seru nyimak padahal

Komentator lain4: dasar duo kompor

NB:
1.      Terlihat unyu gak sih? Ada yang membandingkan tuhannya dengan Rasul saya? Wow banget kan? Tuhan lho meeeen, dibandingin sama nabi wkwkwkwk.
2.      Didonlod ya bukunya, bagus banget

1 komentar:

  1. Dowo banget her wkwk. Tapi asik sih nek dibaca haha. Keep posting om!

    BalasHapus