Sabtu, 11 Juli 2015

Posted by Heri I. Wibowo | File under : , , ,


sumber: http://chuisme.blogspot.com/2012/04/tips-meminjam-barang.html

       Pinjam meminjam adalah hal yang wajar di dunia ini. Mulai dari pinjam alat tulis sampai “meminjamkan” rakyat. Yang pertama adalah khas anak sekolah, yang kedua adalah mengenai para ”penguasa dunia yang menguasai suplai uang” (siapa mereka? Bukan tempatnya di blog ini untuk membahas mereka). Pinjam meminjam telah sedemikian mengakar dalam kehidupan bermasyarakat, hingga dapat digunakan sebagai parameter hubungan di antara dua pihak. (Bahkan kata para Bankir, hutang adalah tanda kemajuan suatu bangsa—dan itu kata-kata yang pup banteng sekali)

Misalnya nih:

”Bro, bolpenmu lagi dipakai nggak?”
”Nggak, kenapa cuy?”
”Ehm, sori ya ngrepotin. Aku pinjem bentar boleh? Tiba-tiba bolpenku gak ada nih hehe.”
”Oh iya, santai aja kali. Nih, tapi 2 jam lagi aku kelas, udah bisa balik?”
”Oke, siap. Makasih yo!”

Nah, kalau diperhatikan mereka itu hanya sekedar teman :)


*krusek-krusek lihat-lihat tempat pensil orang
”Eh Cuk, gue mau ujian nih. Gue pinjem dulu ye!”
*belum sempet dijawab, udah kabur.
Bentuk yang kayak gini ini biasanya udah bisa dibilang sahabat :p

”Cuk, thanks yo bolpennya. Nih, gue balikin. Doain ujian gue dapat 50 lah ya minimal hehehe...”
”Woooo, lha A*U! Pantesan  kagak ada bolpen gue tadi. Kampret, ternyata lu pake. Iye dah, nilai lu dapat 49!” (Ini yang menjadi penyebab adanya percakapan pertama di atas)
”Ah elaaah, PMS lu?”
Kalau yang ini, tak perlu ditanyakan lagi persahabatannya :v

       Sekarang, saya akan membagikan tips agar urusan meminjam kalian jadi keren—atau lebih tepatnya supaya tidak terlalu memalukan—ketika kalian ingin jadi peminjam professional. Check it out guys!

1.      Pinjamlah dari orang yang berbeda

Pernah punya teman yang suka pinjem mulu? Ini pinjam ke kita, itu pinjam ke kita. Rasanya ini orang tidak memiliki apa-apa, bahkan sekedar harga diri untuk berhenti meminjam (peace! Hehe). Nah, itu pula yang dirasakan oleh orang yang sering Anda pinjami barang-barang. Ingat selalu ini,”Manusia selalu mengingat kebaikan yang dia lakukan. Dan ketika dia merasa terlalu sering melakukan kebaikan, maka ia akan merasa termanfaatkan.” Camkan itu!

Triknya adalah Anda jangan sering-sering meminjam—ke orang yang sama. Misal nih, jika Anda ingin pinjam motor atau helm, usahakan pinjem ke satu orang yang sama dalam jangka waktu minimal 1,5 bulan. Atau silahkan gunakan olah rasanya, bagaimana interval yang baik. Dan untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus melakukan dulu atau setidaknya berusaha melakukan poin no. 7 di bawah.

2.      Tahu situasi

Ini salah satu hal yang krusial. Paling menyebalkan bagi saya, adalah ketika jam tidur siang ada yang mengetuk pintu kamar kosan untuk meminjam sesuatu. Mending kalau membawakan choco cheese cake, lha ini mau minjem barang. Cih! Kalau sudah begitu, besok-besok malah jadi sebel sama ini orang.

Oleh karenanya, pengetahuan akan waktu yang tepat untuk meminjam ini sangat penting. Setiap orang unik, ada yang lebih suka kita datang abis tengah malam, ada yang waktu cerianya adalah sebelum shubuh. Selain itu pastikan dia sedang dalam suasana hati yang ceria. Jangan sedang ribut dengan ceweknya, Anda malah ngribetin dengan keinginan Anda pinjem duit untuk jalan-jalan dengan cewek Anda. Cari mati itu namanya!

3.      Pakai bahasa yang oke

Yang ini sudah tidak asing lagi tentunya, gunakanlah bahasa yang oke. Maksudnya, gunakanlah bahasa yang sesuai dengan siapa Anda meminjam dan urgensi pinjaman Anda.

Sahabat Anda akan lebih suka jika Anda meminjam dengan nada sedikit acuh daripada sok mesra. Karena jika begitu, saya bisa curiga Anda maho dan siap-siap saya bully di tempat :v

Tapi kalau sama teman lain yang belum akrab, ya jangan nyolot juga yaaaaa…

4.      Jangan kemukakan alasan di depan, atau kemukakan secukupnya saja

“Cuy, aku pinjem duit dulu ya. Gak banyak kok, sejuta aja. Ini nih, transferan dari ortuku belum dikirim-kirim. Biasanya tanggal segini udah ada 5 jutaan, huft…”

Tahu tidak, sungguh menyebalkan jika ada yang mau pinjam uang, atau apapun itu, disertai alasan kenapa dia tidak punya. Baik itu dengan cara menyombongkan diri seperti contoh di atas atau dengan mengibakan diri. Meski tak ada niat untuk demikian, setidaknya kita harus meminimalisir kesalah pahaman.

Kenapa tidak boleh? Pertama, saya belum tentu mau tahu masalah Anda. Saya sudah punya masalah sendiri, dan menyebalkan mendengar orang curcol; curhat colongan. Gak penting! Kedua, itu membuang-buang waktu saya untuk mendengarkan masalah Anda. Tapi bukan berarti Anda tak boleh bilang alasannya. Jika Anda pikir cukup bijak untuk sedikit kasih teaser alasan Anda, silahkan saja. Atau kalau yang meminjami bertanya, ya jawablah dengan cara yang sopan, singkat, dan jelas. Intinya sih mainkan olah rasanya, alasan itu menyebalkan atau justru menguatkan yang meminjami untuk meminjami Anda (blibet bahasanya -_-)

5.      Kembalikan tepat waktu

Yang ini juga pasti sudah Anda pahami. Kembalikanlah tepat waktu, apalagi jika Anda sudah berjanji sebelumnya. Karena salah satu hal menyebalkan dalam hidup ini ketika barang yang kita butuhkan tak ada gara-gara dipinjam orang—PADAHAL SEHARUSNYA SUDAH DIKEMBALIKAN!

Dan jika Anda tidak mengembalikan tepat waktu, siap-siap untuk sulit meminjam lain kali.

6.      Kembalikan utuh, kalau perlu tambahi

Ya, inilah adabnya. Dan Anda bisa menarik hati orang yang meminjami dengan hal ini. Selain itu Anda kelihatan elegan. Anda tidak kelihatan miskin saat meminjam, sebaliknya Anda hanya terlihat  tidak memiliki harta Anda di waktu yang tepat. Mudah teraplikasikan saat meminjam uang. Misalkan Anda punya utang 85 ribu rupiah. Saat mengembalikan dengan uang 100 ribu rupiah, bilang dengan sopan (dan elegan),”Ah, udah, ga usah. Ambil aja. Ucapan terimakasih gue tuh. Kalo gak lu bayarin, bisa malu 7 turunan sama cewek gue waktu itu. Thanks ya bro!” *sambil tepuk bahu.

Atau jika berbentuk barang semacam sepeda motor, kembalikan dengan utuh dan bersih. Isi full tangki bensinnya kalau perlu. (Sumpah, orang yang pinjam motor lalu mengembalikan dengan tangki kosong atau kurang itu emang sesuASU!—APALAGI KALAU BUKAN SAHABAT SENDIRI)

Sekaligus lain kali bisa lah traktir dia es buah sambil bilang,”Lu mah baik, SELALU pinjemin gue motor.” #padahal baru meminjami 2 kali :)

7.      Perbanyak silaturrahim

Inilah poin yang saya janjikan tadi. Anda tak bisa meminjam ke banyak orang, kalau teman Anda sedikit. Sesimpel itu :)

8.      Investasi kebaikan

Dan Anda akan sulit mendapatkan teman, kalau Anda bisanya hanya menuntut dan meminta. Anda perlu investasi kebaikan. Tak hanya pada mereka, tapi pada semua orang yang layak mendapat kebaikan. Karena Tuhan tidak tidur :)
#LGBT bahkan layak mendapat bantuan Anda. Bantuan untuk sembuh ya tapi. Kalau bantuan buat legalisasi “pernikahan” mereka, Anda bukan teman saya :)

9.      Dekat dengan Tuhan

Prinsipnya, tangan di atas itu lebih baik daripada tangan di bawah. Bahkan, kalau bisa jangan sampai berhutang atau meminjam. Maka, caranya adalah berdoa. Berikut doanya :)

”Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia.” (HR Abu Dawud 4/353)


NB2: Di atas ada beberapa cerita yang kelihatan bercerita tentang dinamika orang pacaran. Wallahi, saya tidak sedang mendukung hal itu. Semata untuk memberi contoh yang asyik dan pas saja. Pacaran itu, dan segala turunannya, haram.

10 komentar:

  1. melihat poin nomer 4 bro. emang sih terkadang orang nggak mau tahu urusan atau masalah yang mengakibatkan kamu mau maunya meminjam ke dia. tapi terkadang alasan itu bisa menguatkan hehe. jadi bukannya jangan tapi kemukakan alasan secukupnya aja hehe

    BalasHapus
  2. Salam kepada semua orang, Allah pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu ini yang mencuri uang kita dengan menyamarkan uang pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala bentuk ucapan manis seperti memberi pinjaman dengan tingkat bunga rendah 2%, semuanya scam kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley perusahannya adalah satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan sejati yang meminjamkan dengan tingkat bunga 2%, inilah ceritaku, nama saya annisa dari bali pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman itu tidak bisa didapat dari internet, itu mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak kreditor scam saya awalnya skeptis, namun memutuskan untuk mencoba dan melihat kembali ibu Rossa menyetujui permintaan pinjaman saya dan saya telah mengkreditkan pinjaman saya dengan tepat Rp100.000.000,00 ke Rekening BCA saya, saya harus mengakui ketika mendapat uang, saya terkejut dan Masih kaget sampai tanggal, meski ada beberapa yang menolak karena tidak bisa memenuhi syarat pinjaman. Tapi saya dikabulkan karena keseriusan dan ketegaran saya, banyak yang akan menghubungi ibu rossa tanpa menjawab dan ketika pinjaman mereka dibatalkan, mereka akan memohon kepada ibu rossa tapi bagi saya saya serius dan memantau hal-hal dan sebelum saya mengetahuinya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana saya menunjukkan penghargaan untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan dia meminta agar saya membagikan berita tersebut kepada semua orang di sekitar saya di Bali, dan hari ini saya memutuskan untuk menuliskannya di sini sehingga orang tidak akan jatuh pemberi pinjaman palsu yang menuntut biaya pendaftaran, tuntutan ibu hanya untuk keseriusan dan rasa hormat Anda dan pinjaman Anda akan ada di rekening bank Anda dan sekali lagi saya mengatakan bahwa ALLAH memberkati perusahaan pinjaman rossa stanley untuk hal ini baik untuk orang-orang di benua ASIA dan UNITED NATIONS (PBB) untuk mendukungnya, Anda bisa menghubungi pusat layanan pelanggan rossa stanley dengan menulis layanan pelanggan melalui surat ROSSASTANLEYLOANCOMPANY@GMAIL.COM, jika Anda ragu dan perlu klarifikasi mengenai apapun atau isu merasa bebas untuk menulis saya ANNISABERKARYA@GMAIL.COM atau suami saya agungabdullahi@gmail.com Saya melakukan dengan sangat baik dalam bisnis restoran saya, dan membayar cicilan pinjaman saya pada saat jatuh tempo, ibu Rossa benar-benar Allah dikirim ke Dunia ini.

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  4. ayam bangkok aduan Live terbesar di indonesia hanya di AGEN BOLAVITA
    Yuk Coba Pengalaman Taruhan Live Casino Online Terbaik Dan Terlengkap !
    Bonus Rollingan Terbesar s/d IDR 500.000.000,- Bonus 10% New Member Hanya Di Bolavita.

    Bonus Casino Live Komisi Rollingan 0.5% + 0.7% Setiap Minggu Hingga Ratusan Juta.

    Bonus Ini Diberikan Pada Pemain Casino Baik Menang ataupun Kalah.

    Daftar Sekarang Juga Di Website www. bolavita. site

    Info Lengkap Hubungi Customer Service Kami ( 24 JAM ONLINE ) :

    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    WA: +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  5. DOWNLOAD SEKARANG JUGA...GRATIS! AYOO BURUAN DOWNLOAD TERBARU DAN TERBAIK, SAAT INI MUDAH SEKALI UNTUK BISA MENONTON FILM DRAMA KOREA, DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR, sekarang nonton drama korea bisa di smartphone. Download sekarang juga aplikasi MYDRAKOR di googleplay gratis, film dan drama terbaru.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus
  6. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    BalasHapus
  7. Numpang ya min ^^

    Bonus New Member 50%!!! Bukan server IDN maupun PokerV! Cobalah bermain di server baru 1G Poker hanya di kenaripoker.com! Proses deposit dan withdraw tidak basa basi langsung tinggal proses dan main saja bosku, dicoba keberuntungan kamu sekarang juga hanya di kenaripoker.com!

    WHATSAPP : +855966139323
    BBM : KENARI00
    LIVE CHAT : KENARIPOKER.COM
    ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER.COM

    BalasHapus
  8. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus
  9. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditor online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak kepada Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)

    Terima kasih semua.

    BalasHapus