Sabtu, 03 Agustus 2013

Posted by Heri I. Wibowo | File under :

          Beberapa hari yang lalu, dalam perjalanan pulang dari rumah teman buat balikin buku—buat pinjem lagi yang lain—aku merenungkan beberapa hal. Beberapa hal itu awalnya terinspirasi ketika aku melihat lampu lalu lintas dari hijau berubah menjadi kuning. Dan aku kemudian berpikir:


1.     Lampu lalin berwarna kuning menyebabkan kendaraan melambat untuk bersiap berhenti, atau justru menyebabkan kendaraan makin cepat agar tidak kena lampu merah?


2.     Maksud frasa “orang miskin dipelihara” adalah orang yang miskin ditanggung oleh Negara agar tidak menderita, atau Negara justru “memelihara” orang miskin agar tetap miskin?  

3.     Sekolah favorit yang menyebabkan siswanya menjadi pandai, atau justru siswa pandai yang menyebabkan sekolah itu menjadi favorit?

4.     Seseorang menempuh pendidikan setinggi mungkin sehingga dia menjadi pandai, atau orang  pintarlah yang haus pengetahuan sehingga dia menempuh pendidikan tinggi?


5.     Hampir sama dengan sebelumnya: Seseorang menempuh pendidikan setinggi mungkin agar ekonominya membaik, atau orang  itu sudah kaya sehingga menyebabkan dia mampu mengakses pendidikan tinggi?

6.     Seseorang memeluk agama Islam menyebabkan orang itu menjadi baik, atau dia adalah orang yang baik maka menyebabkan  dia memeluk agama Islam?


7.     Seorang wanita yang hatinya sudah baik menyebabkan dia berjilbab, atau dengan memakai jilbab menyebabkan hati wanita itu menjadi baik?

8.     Karena seorang wanita berwajah cantik maka kita mencintainya, atau karena kita mencintainya maka  dia cantik di mata kita?


9.     Karena kita nyaman dengan seseorang membuat kita mencintainya, atau karena kita mencintainya maka kita merasa nyaman dengannya?

10. Seseorang yang suka olahraga menyebabkan dia menjadi sehat, atau karena dia “terlalu” sehat menyebabkan dia suka olahraga?


So, itulah beberapa pertanyaan tidak penting yang cukup layak direnungkan bukan? Jika mau menambahi silahkan, nanti ane taroh pejwan gan (meminjam kata-kata di kaskus) :D

0 komentar:

Posting Komentar