Senin, 01 Juli 2013

Posted by Heri I. Wibowo | File under : ,


                Kemarin adalah salah tiga dari beberapa hari terbesar dalam hidupku(maaf, agak lebay hehe). Mengapa? Check this out! (sok ngaskus)

                Unit Kemahasiswaanku, PD ITB mendapat kiriman proposal dari PD Cabang Bandung tentang akan digelarnya Kejuaraan Antar Ranting Silat Perisai Diri se-Bandung Raya. Waduuuuh, akhirnya tiba masaku untuk benar-benar turun gelanggang. Dan inilah gelanggang pertamaku sejak aku latihan silat sekitar 5 tahun yang lalu. Sedikit cerita, banyak kompetisi yang aku lewatkan sebenarnya. SNMPYN lah, inilah, itulah, bikin junior-juniorku yang malah maju lomba. Oke deh, kompetisi yang ini aku harus ikut meski agak telat(telat banget malah :p). Mending terlambat daripada lebih terlambat lagi hehehe. Dan akhirnya, secara resmi dimulailah TC untuk anggota PD ITB yang berminat turun sejak sekitar sebulan yang lalu.

                Perjuangan pun dimulai. Latihan dilakukan hampir setiap hari. Dan badanku pun kembali ke bentuknya seperti saat SMA dulu waktu akan mendaftar ke Akmil. Lebih keras dan berat tentunya karena ada perkembangan masa pertumbuhan. Dan berat badan stabil di 59-60 kg(Padahal sia-sia karena aku tak turun di kelas yang berdasarkan berat badan -_-).


                Anggota-anggota PD ITB makin sering bertemu dan berinteraksi. Dan bagiku ini adalah salah satu kemenangan kami di mana kami bisa merasakan sulitnya membentuk sebuah tim yang siap tempur. Sebuah tim dengan elemen yang sangat heterogen, kecuali kehomogenan agama hehehe. Sebuah tim yang terdiri banyak karakter dengan perannya masing-masing: Pelatih, Manager, Atlet, maupun sekedar yang konyol macam saya ini. Tiap-tiap anggota punya perannya masing-masing. Dan Alhamdulillah saya dipercaya untuk turun di 3 nomor:
1.       Fight kelas bebas khusus (Fight yang tidak didasarkan pada berat badan, tapi tingkatan)
2.       Serang Hindar kelas B senior (Serang hindar tingkatan hijau dan hijau-biru)
3.       Kerapihan teknik asli Garuda beregu

Setiap latihan sebenarnya adalah ujian bagi kami, terkhusus aku. Aku telah berkomitmen untuk ini dan aku tak mau memberi contoh buruk dengan bermalas-malasan latihan. Karena bagaimanapun, sayangnya aku adalah atlet dengan tingkatan tertinggi di kontingen ini-bersama Mas Imron.  Jenuh, lelah, juga sakit begitu dominan pada minggu keempat latihan. Pagi lari dan rangkaian fisik lainnya. Sore latihan bersama yang lain. Aku memang sengaja mengambil porsi latihan lebih karena aku turun di kelas bebas. Lawanku tentu tidak main-main karena mereka adalah asisten pelatih. Dan aku pikir, hanya aku satu-satunya yang baru turun gelanggang pertama kali. Aku lupakan kegiatanku di organisasi lain karena aku tak mau dijadikan mainan pas bertanding.

        Dan hari itu pun akhirnya tiba. 28-30 Juli 2013. Kejuaraan Antar Ranting Silat Perisai Diri se-Bandung Raya di GOR KONI Jl. Jakarta, Bandung. Seluruh anggota kontingen berjuang dengan sangat mengagumkan buat saya karena bukan medali tujuan utama kami. Ditambah semangat dari para alumni dan anggota PD ITB lainnya. Dan aku pikir tujuan utamaku yaitu kebersamaan PD ITB (Karena katanya aku Kadiv Kekeluargaan) telah berhasil dengan tingkat keberhasilan 90% :).

        Ada beberapa kejadian yang sungguh tak terlupakan dalam menjalani pertandingan kemarin. Yaah, kalau tentang rasanya turun itu sudah pasti, atau ketika penganugerahan medali. Namun satu yang tak akan kulupa adalah tentang apa yang aku sebut kesetiakawanan. Jadi ceritanya demikian:

        Waktu aku bertanding di semifinal di nomor fight, aku melawan kontingen dari ITB juga. Namanya mas Imron, Teknik Aeronautika dan Astronotika ’09. Wah, awal-awal seru fightnya. Asyik lah, tapi entah kenapa pada pertengahan pertandingan aku saat menapakkan kaki terasa lututku goyah. Saat itulah mas Imron melancarkan tendangan samping andalannya. Karena konsentrasi terpecah aku tak sempat menghindar, cuma bisa menangkis dan meskitidak telak lututku minta istirahat. Jatuhlah aku. Dan ternyata menurut tim medis aku dinyatakan unfit. Yaudah, kalah TKO aku :p


                Kemudian, malam itu aku benar-benar payah. Bahkan sekedar berdiri pun tak sanggup. Dengan penyangga kayu di kedua sisi, lutukku dibebat dengan sabukku. Dan di sinilah aku kagum pada kawan-kawan seperjuanganku. Mereka begitu membantuku. Bahkan aku sampai menginap di kontrakan sang ketua PD karena kosanku ada tangganya. Di sana aku di rawat langsung oleh sang ketua dan Mas Imron(beliau ini mentorku juga waktu TPB dulu). Apa-apa aku serasa dilayani. Bahkan sekedar ganti pakaian aku pun perlu bantuan. Berjalan ke kamar mandi pun di papah. Masyaa’ Allah, begini ternyata rasanya satu kaki tak bisa dipakai.

                Syukur Alhamdulillah lututku hanya shock sehingga esok harinya kakiku sudah bisa buat berjalan meski sangat lambat dan cukup sakit. Dan jujur, aku kagum pada recovery tubuhku ini. Benjut di kepala akibat menumbuk lantai juga kempes. Bahkan tim medis pun yang kemarin menanganiku cukup heran dengan kemajuanku. Memang, jika tubuh sering dilatih dia tak akan mengecewakan kita. Sportaholic aku pikir :v

                Dan untuk laporan medali sebagai berikut:
1. Emas pada serang hindar kelas A putra (Durra T. Geofisika 2011-ketua unit PD ITB nih)
2. Perak pada serang hindar kelas B putra( Saya)
3. Perak pada fight kelas C putra( Adhi T. Sipil 2011)
4. Perak pada fight kelas C putri ( Widya Fisika 2011)
5. Perak pada fight kelas Bebas Khusus putra (Imron T. Aeronautika & Astronotika 2009-lawan saya dapat perak euy)
6. Perunggu pada fight kelas Bebas Khusus putra ( saya)
               

                Dan terimakasih saya sampaikan kepada Allah kemudian kedua orang tua saya, lalu:
1. Dewan Pelatih:
                a. Kang Sunan Respati Dananjaya
                b. Kang Adams Numair
                c. Mbak Tarita Kamardi (Putri Ketua Umum PD Pusat nih hehe)
                d. Kang Muhyi
                e. Pelatih-pelatih saya semuanya yang sangat banyak
2. Teman-teman seperjuangan sebagai atlet:
                a. Durra Handri Saputera (Teknik Geofisika 2011)
                b. Imron Anshori Shodiq (Teknik Aeronautika dan Astronotika 2009)
                c. Adhi Prima Arkham Putranda (Teknik Sipil 2011)
                d. Mutiara Annisa M (Sains dan Teknologi Farmasi 2011)
                e. Widya Liana Aji (Fisika 2011)
                f. Andrianto Irsyad (Teknik Kelautan 2012)
                g. Bayu Wintoro (Teknik Kelautan 2012)
                h. Bisma Arrasyidiwara (Teknik Sipil 2012)
3. Manager:
                a. Mbak Fajriah (Kimia 2009, sekarang udah lulus dan ambil S2 di ITB juga)
                b. Dan tim manager
4. Teman-teman anggota PD ITB dari yang udah alumni sampai angkatan 2012
5. Teman-teman halaqah, kosan, himpunan, dan semuanya
6. Pihak lain yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.

NB: No pict hoax? Oke, pict menyusul juragan :)

0 komentar:

Posting Komentar